Ilmu Ilmu Baru

untuk Indonesia tercinta

Ilmuwan NASA : Tidak Ada Hari Kiamat pada Tahun 2012

Menurut ilmuwan NASA David Morrison, rumor internet yang menyebar luas bahwa dunia akan berakhir pada tahun 2012 karena peristiwa-peristiwa astronomi adalah cerita bohong belaka. Dr. Morrison  menghubungkan  hipotesis ini dengan ‘cosmophobia’  yang diperparah oleh website-website science gadungan dan orang berusaha untuk membuat uang dari kekurangan publik akan ilmu pengetahuan.

Keyakinan Internet yang menyebarkan ke seluruh dunia bahwa 21 Desember 2012 akan menjadi hari kiamat bagi planet bumi disebabkan oleh peristiwa astronomis yang akan menghancurkan atau memusnahkan planet kita adalah kebohongan besar, menurut ilmuwan NASA David Morrison. Rangkuman ringkasnya mengenai klain-klaim dan respon ilmuwan dipublikasikan oleh Astronomical Society of the Pacific sebagai suatu public service di: http://www.astrosociety.org/2012

Selama beberapa bulan, NASA dan banyak astronom telah menerima surat dan email kekhawatiran yang meningkat dari anggota masyarakat tentang kemungkinana, yang secara luas digembar-gemborkan di internet, bahwa dunia akan berakhir pada 2012. Banyak mekanisme kejadian hari kiamat itu diajukan, termasuk tabrakan dengan suatu planet fiktif yang disebut Nibiru, aktivitas yang mematikan dari permukaan matahari yang menyerang bumi, segaris lurus dengan pusat galaxi kita, dll. David Morrison menciptakan istilah baru yaitu “cosmophobia” – ketakutan terhadap kosmos – untuk hal ini, dan melihat adanya peningkatan fenomena itu tahun ini.

Dr. Morrison, seorang ahli tata surya (dan benturan asteroid) yang terkenal di dunia, juga bertugas sebagai ilmuwan publik untuk pelayanan “Ask an Astrobiologist” di NASA, tempat dimana dia menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk publik. Dia telah menerima sangat banyak pertanyaan tentang 2012 dan akhir dunia yang membuatnya merasa harus diinvestigasi dan meluruskannya.

Satu dari penemuan paling menarik adalah bahwa para distributor film fiksi ilmiah ‘2012’ yang telah dirilis November ini, dengan sengaja mendanai nyala api kepanikan internet (disebut dengan virus kampanye marketing) dengan menciptakan website-website science dan mendorong orang untuk mencari dengan search engine untuk ‘2012’ di Web. Kebanyakan dari hasil pencarian situs-situs tersebut adalah penuh dengan hal-hal yang tidak masuk akal dan kesalahpahaman, sering oleh orang yang menulis buku-buku tentang bencana tersebut yang mereka coba jual.

Artikel Morrison dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawabannya dan diikuti dengan suatu pedoman sumber yang memberi peluang bagi pembaca untuk menemukan lebih banyak informasi ilmiah tentang mengapa tidak ada bencana 2012. Ada banyak alasan untuk mencemaskan masa depan planet bumi, tentunya, tetapi mutlak tidak ada alasan untuk memilih titik balik matahari musim dingin tahun 2012 sebagai satu waktu spesial untuk dijadikan perhatian.

More information: For an annotated guide of resources for responding to claims of astronomical pseudo-science, from astrology to crop circles, and ancient astronauts to moon-landing denial, see: http://www.astrosociety.org/education/resources/pseudobib.html

Provided by Astronomical Society of the Pacific

Iklan

November 29, 2009 - Posted by | RUANG ANGKASA | , ,

2 Komentar »

  1. Jadi tidak ada ya…

    Komentar oleh ajikinai | November 29, 2009 | Balas

  2. manusia sekarang memang jenius dalam bidangnya seperti halnya memprediksi geografi,astronomi dunia dan pergerakannya. akan tetapi keajaiban dan mukjizat yang akan terjadi pada hari esok, manusia manapun tidak ada yang tau termasuk kiamat dan ‘kapan ajal kita masing2 menjemput’kecuali pemilik alam semesta ALLAH SWT dialah yang menentukan.

    Komentar oleh anto | Desember 28, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: