Ilmu Ilmu Baru

untuk Indonesia tercinta

Mesin untuk Mengeksplorasi Misteri Big Bang telah Selesai Diperbaiki

Para ilmuwan menyiapkan penabrak atom terbesar di dunia untuk mengeksplorasi kedalaman materi setelah dengan sukses mengaktifkan kembali mesin seharga $10 milyar setelah lebih dari satu tahun perbaikan.

Ketika mesin ini secara penuh beroperasi, magnet-magnetnya akan mengontrol berkas proton-proton dan mengirimnya pada arah yang berlawanan melalui dua tabung pararel seukuran selang pemadam kebakaran.

Dalam ruang seukuran katedral setinggi 300 kaki (100 meter) di bawah perbatasan Swiss dan Perancis, magnet-magnet akan memaksanya masuk ke dalam detektor yang sangat besar untuk merekam reaksi-reaksinya

Satu tujuannya adalah untuk membongkar misteri Big Bang yang merupakan teori para ilmuwan untuk menjelaskan penciptaan jagad raya milyaran tahun lalu.

Pengaktifan kembali Large Hadron Collider disambut sebagai suatu lompatan ke depan yang signifikan dalam usaha untuk meluncurkan eksperimen-eksperimen baru – mungkin Januari – dalam penciptaan materi dan jagad raya.

Mesin ini mengalami kerusakan berat karena suatu kesalahan elekrikal sederhana pada September tahun lalu.

Para fisikawan nuklir yang bekerja dalam bidang ini dikejutkan oleh betapa cepatnya mereka mendapatkan sinar proton yang mendengung melewati saluran sirkuler sepanjang 27 kilometer di bawah tanah

“Semuanya terjadi pada tengah malam. Mereka bergerak dengan sangat cepat,” kata James Gillies, juru bicara European Organization for Nuclear Research (singkatan Prancis: CERN)

Segala hal berjalan dengan sangat baik malam itu dimana para ilmuwan mencapai operasi tujuh jam lebih awal dari yang diharapkan, katanya. beberapa ilmuwan telah pulang pada Jum’at malam itu dan dipanggil kembali ketika proyek tersebut menunjukkan kemajuan yang mengejutkan, tambah Gillies.

Pujian dari para ilmuwan di seluruh dunia berdatangan dengan cepat.

“Saya ucapkan selamat kepada para ilmuwan dan insinyur yang telah bekerja untuk mendapatkan back up LHC dan dapat dijalankan lagi.

CERN memutuskan menguji semua peralatan pelindung ketika masih ada suatu sinar proton berintensitas sangat rendah bersirkulasi di dalam collider. Tes ini akan memakan waktu 10 hari, kata Gillies.

Dia mengatakan, CERN memutuskan menguji kemampuan collider dengan segera untuk meningkatkan kecepatan berkas-berkas proton ke energi yang lebih tinggi atau untuk memulai dengan tabrakan berenergi rendah yang akan membantu para ilmuwan mengkalibrasi peralatan deteksinya.

Sementara, CERN menggunakan sekitar 2.000 magnet superkonduktor – beberapa darinya panjangnya 15 meter – untuk memperbaiki kontrol terhadap berkas-berkas milyaran proton sehingga mereka akan tetap terikat dengan ketat dan tetap menjaga kebersihan peralatan yang sensitif.

Kemajuan pada jum’at malam itu merupakan suatu langkah penting di jalur penemuan para ilmuwan di Large Hadron Collideryang diharapkan pada tahun 2010.

“Kami masih mempunyai beberapa cara untuk jalan sebelum fisikawan dapat memulai, tetapi dengan tonggak bersejarah ini kami telah berada di jalur yang tepat,”  kata CERN Director General Rolf Heuer.

Dengan keriuhan besar ini, CERN mensirkulasi berkas-berkas pertamanya pada 10 September 2008. Tetapi mesin ini menyimpang sembilan hari ketika suatu sambungan elekrikal yang tersolder dengan buruk mengalami panas berlebihan dan menyebabkan rangkaian kerusakan pada magnet dan bagian lain collider.

Steve Myers, direktur CERN untuk  accelerator, mengatakan bahwa perbaikan menyebabkan collider menjadi jauh lebih dipahami daripada satu tahun lalu.

Diharapkan mesin ini akan segera dijalankan dengan energi yang lebih besar daripada acelerator paling kuat sedunia, Tevatron di Fermilab dekat Chicago. Diperkirakan mesin ini akan menjadi berenergi 7 kali lipat Fermilab pada tahun-tahun mendatang.

Ini akan memungkinkan tabrakan antara proton-proton memberikan pandangan tentang materi gelap dan apa yang memberikan massa ke partikel lain, dan untuk menunjukkan materi apa yang dalam mikrodetik mendingin setelah Big Bang.

Large Hadron Collider beroperasi pada temperatur mendekati 0 absolut, lebih dingin dari luar angkasa, yang memberi peluang bagi magnet superkonduktor untuk menuntun proton dengan cara paling efisien.

Fisikawan telah menggunakan collider yang lebih kecil dan bertemperatur kamar selam bertahun-tahun untuk mempelajari atom. Mereka pernah berpikir bahwa proton dan neutron adalah komponen terkecil dari inti atom, tetapi collider menunjukkan bahwa mereka terbuat dari quark-quark dan gluon-gluon dan bahwa terdapat energi-energi dan partikel-partikel lain. Dan para ilmuwan masih mempunyai pertanyaan-pertanyaan lain tentang antimateri, materi gelap dan supersimetri yang ingin mereka dapatkan jawabannya dengan collider CERN baru tersebut.

Super Collider superkonduktor telah menjadi lebih besar dari Large Hadron Collider, tetapi pada tahun 1993 Kongres USA membatalkannya setelah biayanya melambung dan pertanyaan-pertanyaan muncul tentang nilai ilmiahnya.

Gillies mengatakan Large Hadron Collider seharusnya ditingkatkan secara bertahap sampai 3,5 trilyun elektron volt pada suatu saat nanti, yang akan menjadi 3,5 kali kekuatan Fermilab. Dua laboratorium ini saling bersaing, mengerjakan peralatan dan saling berbagi ilmuwan.

Tetapi masing-masing akan senang  untuk membuat penemuan boson Higgs yang sulit dipahami, partikel atau medan yang secara teoritis memberi massa pada partikel lain. Penemuan ini sangat diharapkan dan pantas untuk menerima hadiah Nobel dalam fisika.

Lebih dari 8.000 fisikawan dari lab lain di seluruh dunia juga telah mempunyai rencana kerja untuk Large Hadron Collider. Organisasi ini dijalankan oleh 20 negara anggota dari Eropa, dengan dukungan dari negara-negara lain termasuk Jepang, India, Rusia dan U.S yang telah memberikan kontribusi yang besar.

November 26, 2009 - Posted by | FISIKA | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: