Ilmu Ilmu Baru

untuk Indonesia tercinta

Robot-robot yang mampu berjalan di tembok

Seorang ilmuwan robot dari Ben-Gurion University of the Negev in Beersheeba, Israel, telah mengembangkan empat jenis robot yang berbeda yang mampu berjalan dan memanjat tembok.

Proyek-proyek terakhir dari Amir Shapiro, kepala laboratorium robotik di Department of Engineering, adalah pemanjat dinding, yang dua dari robot tersebut diinspirasi oleh binatang yang mampu memanjat. Satu robot, yang diinspirasi oleh siput dan jejak lendir, mengeluarkan suatu jejak kecil dari lem meleleh yang panas yang menyebabkan kemampuan untuk menempel pada dinding ketika memanjat, sementara yang lain diinspirasi oleh kucing dan binatang pengerat, mempunyai empat kaki dengan cakar yang dibuat dari kail ikan untuk membantu mencakar permukaan.

Robot ketiga dalam koleksi tersebut adalah sebuah robot dengan plester 3M pada roda-rodanya untuk membuatnya mampu memanjat permukaan halus seperti kaca atau whiteboard. Robot yang keempat merupakan robot magnetik dan dapat memanjat permukaan logam yang halus, yang menjadikannya mungkin bermanfaat untuk merangkak di lambung kapal kargo yang terendam untuk mengecek barang selundupan dan bom, dan menggantikan penyelam yang sekarang ini mengerjakan pekerjaanya. Shapiro mengatakan bahwa sebuah algoritma scanning yang baik bisa membuat robot tersebut sangat efisien untuk tugas ini.

Bidang Shapiro dikenal sebagai biomimetik, yang menggunakan teknologi untuk meniru alam, dan di dalam bidang ini ada suatu sub spesialis yang menggunakan teknologi secara spesifik untuk meniru gerakan binatang. Beberapa peneliti telah bekerja pada robot-robot yang menirukan gerakan mengombak ular, tetapi Saphiro dan timnya telah sukses dalam menggabungkan gerakan gelombang vertikal dan horisontal untuk menciptakan gerakan melata ular. Robot ini bisa melata melewati lubang-lubang dan pipa-pipa kecil, yang bisa membantu para pekerja mengetahui posisi dan menolong orang yang terjebak di bawah gedung yang runtuh.

Shapiro telah diminta untuk mendisain robot-robot pemanjat dinding oleh militer Israel, yang menginginkannya untuk intelijen.

More information: http://www.bgu.ac.il/~ashapiro/

Iklan

Januari 20, 2010 - Posted by | Robot | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: