Ilmu Ilmu Baru

untuk Indonesia tercinta

Top 10 Cerita Ilmu dan Teknologi Dekade Ini

Penemuan, alat dan perkembangan yang telah mengubah cara memandang dunia kita selama 10 tahun ini.

1.DNA, Genom, dan Stem Sel

Harapan dan kehebohan sekitar riset “genom”, yang bertujuan untuk memecahkan kode DNA, hampir tanpa batas dekade ini. Bahkan sebelum draft genom manusia muncul pada 2001, sejumlah kerja yang dilakukan dalam memecahkan kode ini disamakan dengan pendaratan manusia di bulan. Janji dari memecahkan milyaran kode DNA secara hati-hati ini adalah menemukan rahasia-rahasia biologi fundamental, membantu para ilmuwan menemukan marker-marker (penanda) genetik penyakit manusia, dan mungkin menemukan target-target obat baru dari penyakit=penyakit tersebut.

Manusia bukanlah satu-satunya  mahluk yang telah di’decode’ DNAnya. Pada dekade ini juga telah dipecahkan genom anjing, sapi, ayam, kuda, kucing, tikus, ngengat, simpanse, nyamuk, lebah, ikan puffer, dan babi. Selain itu juga sawi, padi, jagung, anggur, dan banyak spesies virus, ragi, mold, ganggang dan jamur.

Banyak dari headline terbesar datang dari area biologi ditempati oleh stem sel. Sel-sel ini memegang janji luar biasa untuk mengobati penyakit seperti Parkinson dan kanker karena mereka berpotensi untuk menjadi sel tipe apa saja dalam tubuh. Sementara debat pada dekade terakhir ini sering terfokus pada etika penggunaan riset stem sel ini, para peneliti telah membuat kemajuan luarbiasa di bidang ini, menemukan cara untuk memprogram dan memprogram ulang sel-sel di dalam tabung uji.

2.Large Hadron Collider

Aselerator partikel terkuat yang pernah dibuat telah dibangun selama dekade ini dan sekarang ini sedang bekerja. Berlokasi jauh di bawah tanah Geneva, Large Hadron Collider tampak sebagai suatu saluran berbentuk lingkaran sepanjang 16 mil, dilewati dua sinar proton yang ditembakkan pada kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Pada beberapa titik di saluran tersebut dua sinar dibuat bertabrakan, memberikan energi tinggi yang diperlukan untuk menghasilkan jenis partikel baru. Ahli fisika berharap partikel-partikel ini akan membantu mendorong pemahaman dasar kita tentang materi – khususnya Higgs boson, yang merupakan hal terpenting dalam hal ini dan diduga memberikan massa pada banyak partikel-partikel yang telah diketahui.

Pada akhir 2009, para ilmuwan dan insinyur telah sukses dalam mendapatkan proton-proton untuk pertamakalinya bertabrakan di LHC. Dalam proses ini mereka berhasil mendapatkan rekor baru dalam energi tertinggi yang pernah dicapai dalam tabrakan dua partikel, hampir 2,4 trilyun elektron volt. Pada tahun-tahun yang akan datang, ilmuwan-ilmuwan LHC berharap untuk mencapai energi-energi yang lebih tinggi dan menghasilkan sinar-sinar yang jauh lebih intens.

3.Perubahan Iklim

Perubahan iklim telah didiskusikan dalam komunitas ilmuwan pada dekade ini. Suatu panel nasional 2001 memperkenalkan “perubahan paradigma” dalam komunitas ilmuwan, menyatakan adanya kemungkinan skala dekade perubahan iklim. Ilmu pengetahuan juga menunjukkan bahwa dasar laut menghangat – membahayakan coral – dan bahwa kadar carbon dioksida telah melampaui 380 permil untuk pertama kalinya dalam ratusan ribu tahun.

Pada 2006, ilmuwan NASA James Hansen mengatakan kepada New York Times bahwa atasannya sedang berusaha untuk diam-diam berusaha berbicara ke publik tentang perubahan iklim yang disebabkan manusia, suatu konsep yang Al Gore sebut sebagai “kebenaran yang tidak nyaman” dalam dokumenternya, juga dirilis pada 2006. Pada tahun 2009, Environmental Protection Agency bergerak maju melakukan regulasi terhadap gas rumah kaca dibawah Clean Air Act, menyatakan bahwa gas-gas seperti karbon dioksida merupakan ancaman bagi kesehatan publik dan lingkungan. Saat dekade ini ditutup, pertemuan internasional ilmuwan-ilmuwan dan pembuat kebijakan mengenai iklim dilakukan di Copenhagen, Desember 2009, terbukti banyak partisipan yang mengecewakan dan tidak menemukan penyeslesaian yang memuaskan.

4.Proliferasi Teknologi Personal

Dua puluh tahun lalu, sedikit orang yang mengirim e-mail atau mempunyai handphone, memberikan suatu alat yang bisa digenggam yang mampu mengakses internet, mengirim e-mail, dan mempertunjukkan film dengan high definition. Apa yang terjadi pada  komputer pribadi dan fax pada tahun 80an dan 90an, smart phone, laptop dan sosial network terjadi pada dekade terakhir.

Bagaimana seseorang saling mengabaikan di transportasi massal tahun 1999? Saat itu tidak ada iPods (diluncurkan Oktober 2001). Orang tidak bisa mem”poke”, “tweet” atau kosa kata baru lain yang menjadi populer hanya 10 tahun terakhir. Facebook artinya sebuah buku dengan gambar di dalamnya. Hidup kedua artinya reinkarnasi. Bahkan setelah gelembung dot-com meledak pada awal dekade, peralatan portabel dan kegembiraan di dalamnya, teknologi-teknologi nyaman meledak, membantu mengubah dekade sebelumnya ke dalam sebuah dunia yang saling terhubung makin dekat.

5.Mengeksplorasi Planet Lain

Ketika manusia purba melihat ke arah langit malam, mereka melihat ribuan titik cahaya yang terfiksir, yang kita sekarang tahu sebagai bintang-bintang, dan beberapa yang lain bergerak dengan cepat dari malam ke malam. Ketika Galileo mengarahkan teleskop barunya pada pengembaraan ini (asal nama “planet), dia telah merevolusi pemahaman kita terhadap cosmos. Revolusi ini terus berlanjut.

Pada 10 tahun terakhir, satu seri pesawat ruang angkasa serbaguna mampu keluar menyeberangi tata surya untuk mengunjungi atau memotret planet-planet. Pesawat ini termasuk misi Galileo ke Jupiter, misi Cassini ke Saturnus, Messenger bepergian ke Merkurius, dan beberapa pesawat dikirim ke Mars. Temuan-temuan utama termasuk adanya air di Mars dan bulan kita, suatu cincin baru yang besar dan tipis dari Saturnus, danau hidrokarbon Titan yang dikunjungi oleh pesawat Huygens Titan, dan  bagian-bagian permukaan Merkurius yang sebelumnya belum terpetakan.

Pesawat ruang angkasa yang lebih dulu diluncurkan pada tahun 70an, seperti Voyagers dan Pioneers, tetap melanjutkan tugas penting. Melampaui orbit Pluto, warga senior dari pesawat ruang angkasa ini mengumpulkan informasi penting tentang area perbatasan dimana pengaruh matahari ditinggalkan dan medium interstelar (antar bintang) dimulai.

Dengan mengukur goyangan-goyangan halus di dekat bintang, para astronom telah mampu dengan secara tidak langsung mendeteksi exoplanet – planet-planet yang mengorbit bintang lain – dan mengukur massa mereka dan jarak mereka dari bintang, berharap dapat mengidentifikasi planet-planet seperti bumi. Tinjauan exoplanet-exoplanet terbaru telah memvisualkan untuk pertama kalinya gambar dunia-dunia yang jauh dan telah menemukan “super earth” sekitar 5-7 kali lebih massif daripada planet kita.

6.Ketepatan Kosmologi

Penemuan-penemuan ilmiah telah mendorong banyak pemikiran ulang selama berabad-abad tentang tempat manusia hidup di dalam cosmos. Penemuan-penemuan ini termasuk kenyataan bahwa bumi bukanlah pusat jagat raya; bahwa bahkan mungkin tidak ada sebuah pusat, bahwa sistem tatasurya kita bukanlah satu-satunya sistem itu; bahwa Galaksi Bima Sakti (Milky Way) bukanlah satu-satunya galaksi; dan bahwa mungkin ada jagat raya pararel di luar jagat raya kita.

Kosmologi mempelajari surga-surga pada skala terbesar yang paling mungkin – jagat raya secara keseluruhan. Selama bertahun-tahun kosmologi merupakan ilmu yang sangat tidak mempunyai ketepatan yang sangat kekurangan instrumen-instrumen yang sensitif yang bisa digunakan dalam laboratorium di bumi, tetapi ini mulai berubah. Dekade terakhir terdapat berbagai macam satelit dan detektor-detektor khusus – termasuk Wilkinson Microwave Anisotropy Probe – yang telah membantu mengklarifikasi pemahaman kita tentang alam semesta. Karena pengukuran-pengukuran yang dilakukan pada dekade ini , sekarang kita tahu bahwa jagad raya berumur 13,7 milyar tahun, bahwa atom-atom pertama terbentuk 380.000 tahun setelah Big Bang, bahwa bintang-bintang pertama terbentuk sekitar 400 juta tahun setelah Big Bang, dan bahwa kemungkinan sekitar 73% energi jagad raya terdiri dari energi gelap misterius. Astrofisika meyakini bahwa materi gelap, suatu bentuk materi tak bercahaya, merupakan bahan baku penting lainnya dalam dinamika galaksi-galaksi. Sekarang ini, beberapa bukti langsung tentang materi gelap dari interaksi partikel dalam detektor-detektor yang sensitif yang berlokasi jauh di bawah tanah mungkin telah ada, namun para peneliti perlu data lebih banyak sebelum mereka bisa memastikan.

7.Materi-Materi Baru

Hadiah Nobel 2009 untuk fisika diberikan pada ilmuwan-ilmuwan yang membuat penemuan-penemuan yang mendorong pembuatan kamera digital dan komunikasi serat optik menggarisbawahi ide bahwa penelitian fundamental vital untuk pengembangan teknologi penting – bahkan jika aplikasi praktis dari riset tersebut baru menyusul setelah beberapa dekade. Ini terutama benar bahwa para ilmuwan perlu mempelajari sifat-sifat materi terpadatkan.

Dua bentuk baru karbon telah ditemukan dan dieksplorasi selama beberapa tahun terakhir : nanotube (tabung-tabung karbon tipis) dan graphene, suatu lembaran atom-atom karbon dengan ketebalan satu atom. Dua bentuk karbon ini mempunyai sifat-sifat yang sangat berguna yaitu mempunyai sifat penghantar listrik yang sangat kuat untuk sebuah sirkuit terintegrasi dan sifat optik dan panas yang menarik.

Metamaterial adalah zat penting lainnya yang paling baru ditemukan. Dikonstruksi oleh larikan batang dan cincin yang sangat kecil, mereka mempunyai sifat-sifat optik yang aneh yang mungkin suatu saat diadaptasi untuk berbagai aplikasi praktis seperti filter telpon seluler, lensa tipis dan aplikasi penyelubungan/pembungkusan.

8.Vaksin dan Pemunculan Infeksi-Infeksi

Dari flu Spanyol tahun 1918 sampai HIV/AIDS tahun 1980an, sejarah sering tak dapat terelakkan berkaitan dengan penyakit-penyakit yang mewabahi manusia. Dekade sebelumnya tidak berbeda dan beberapa cerita paling besar dalam ilmu pengetahuan muncul dari sumber-sumber infeksi. Surat berisi anthrax tiba pada 2001, epidemi SARS muncul pada 2003, dan 2009 flu babi yang menciptakan antrian panjang orang menunggu untuk mendapatkan vaksinasi melawan virus H1N1 – pandemi influenza pertama yang bisa dipercaya dalam 40 tahun.

Sejumlah vaksin membuat berita dalam 10 tahun terakhir. Pada 2006 dan 2007, vaksin human papillomavirus diterima oleh Food and Drug Administration untuk mencegah kanker cerviks. Dan setelah bertahun-tahun penelitian-penelitian, percobaan klinis yang sukses pertama kali untuk suatu vaksin AIDS dilaporkan pada 2009 akhir. Tidak semua cerita vaksin positif. Usaha internasional untuk mengeradikasi polio mengalami kesulitan ketika rumor toksisitas vaksin menyebar di beberapa negara dimana penyakit tersebut masih endemis. Ketakutan akan vaksin measles-mumps-rubella menyebar di U.S dan Britain setelah sebuah artikel di sebuah jurnal kedokteran menghubungkannya dengan autisme – suatu hubungan yang oleh sejumlah penelitian dan suatu tinjauan mendalam oleh Institute of Medicine dan organisasi lain kemudian didiskreditkan.

9.Kemunculan China

China menyelesaikan dekade pertama abad 21 dengan menunjukkan tanda-tanda bahwa mungkin dia akan menjadi superpower ilmu pengetahuan berikutnya. Pada tahun 2008 menghasilkan kandidat Ph.D lebih banyak dibandingkan negara lain di dunia. Pada 2006, Margaret Chan menjadi warga negara China pertama mengepalai sebuah agensi PBB ketika dia terpilih menjadi direktur jendral WHO. Setelah langkah ruang angkasa pertama yang sukses oleh taikonaut pada 2008, China sekarang ingin membangun suatu basis di bulan.

Tidak semua cerita ilmu dan teknologi tentang China selama dekade terakhir positif. Makanan binatang piaraan yang tercemar dan mainan beracun menjadi headline utama sebagaimana juga fakta bahwa China sekarang menghasilkan lebih banyak karbondioksida dibanding negara lain – meskipun masih jauh lebih kurang dibanding U.S perkapita. Proyek seperti Three Gorges Dam telah menimbulkan situasi kritis akibat efeknya terhadap lingkungan lokal, dan kemunculan SARS pada 2003 menimbulkan respon penelitian yang cermat terhadap kesehatan masyarakat China.

10.Perluasan Pemahaman terhadap Nenek Moyang Manusia

Banyak orang menelusuri silsilahnya sendiri sebagai suatu hoby untuk pemahaman yang lebih baik akan asal-usulnya. Pada beberapa titik jejak rekam tersebut berakhir. Pertanyaan tentang apa yang ada sebelumnya tetap muncul. Pemahaman darimana manusia datang sebagai suatu spesies merupakan suatu teka-teki yang lebih rumit, memerlukan semua alat ilmiah dan memberikan alasan terhadap evolusi akan membantu kita.

Pada Oktober 2009 keluar banyak paper yang menginterpretasikan suatu fosil berumur 4,4 juta tahun dari Ardipithecus ramidus, 10 tahun puncak pencarian hominid. Para ilmuwan menghabiskan 17 tahun dengan sungguh-sungguh mengumpulkan, merekonstruksi dan menginterpretasikan fosil A. ramidus yang ditemukan di Ethiopia sebelum secara formal mengumumkannya ke publik, termasuk pengetahuan sebelumnya tentang kerangka nenek moyang manusia.

Pada 2003, tim peneliti lain menemukan Homo florensis, secara informal mengacu pada hobbit, di sebuah gua di pulau Flores, Indonesia. Mereka dipahami sebagai garis terpisah dari manusia modern, satu yang putus tiba-tiba dari spesies kita dan bertahan sampai 12.000 tahun lalu. Kepunahan mereka bahkan lebih akhir dibandingkan dengan Neanderthal.

Sejumlah penemuan dan interpretasi terbaru memaksa ahli antropologi untuk memeriksa kembali pemahaman mereka terhadap hubungan Neanderthal dengan manusia modern. Dekade sebelumnya telah membuka rahasia DNA Neanderthal dan berhasil mengurutkannya, menjanjikan suatu peluang besar penelitian. Termasuk dalam karunia tersebut adalah gen penting yang berhubungan dengan kemampuan berbahasa kita, yang disebut FOXP2, menambahkan petunjuk lain untuk suatu penyelesaian perdebatan tentang level kemampuan bahasa yang dimiliki Neanderthal. Selama dekade ini, ahli antropologi dan yang lainnya terus menelusuri jejak nenek moyang spesies kita, meskipun terjadi perang legal dan filosofis antara mereka yang akan mengajarkan evolusi dan mereka yang akan mengajarkan ide-ide lain untuk asal-usul Homo sapiens dan kehidupan di bumi.

Iklan

Januari 19, 2010 - Posted by | Ilmu Lain-Lain | , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: